KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL
BUSINESS PLAN
BANANA
CUP CAKES
OLEH :
Putri
Inda Rayani
NIM.
11 651 029
DOSEN
PENGAMPU :
H.
Mat Juri, S.E,. M.M
AKUNTANSI
MANAJERIAL
POLITEKNIK
NEGERI SAMARINDA
TAHUN
2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan
hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan sebaik-baiknya. Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan oleh Dosen pada mata kuliah Kewirausahaan.
Dalam
proses penyusunan tugas ini pasti menjumpai hambatan, namun berkat dukungan
dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini. Oleh karena
itu, dengan segala kerendahan hati saya ingin menyampaikan terima kasih kepada
Bapak Mat Juri, S.E,. M.M selaku Dosen Kewirausahaan Politeknik Negeri
Samarinda.
Besar
harapan saya, proposal ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang membacanya dan
dapat membantu teman-teman yang lain dikemudian hari. Akhir
kata, penulis memohon maaf apabila dalam penulisan proposal ini terdapat banyak
kesalahan.
Samarinda,
12 Mei 2014
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Usaha
Bisnis
makanan memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis
yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam
kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan
yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satunya adalah cup cakes yaitu salah satu
jenis makanan yang merupakan hasil olahan dari tepung terigu.
Rasanya
yang enak dan variasi bentuknya yang lucu mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini
adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu pisang ambon dibuat dengan tepung
terigu berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. Selain itu usaha cup cakes
ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan
adanya rasa yang bervariasi diantaranya yaitu ada rasa keju,
blueberry, strawberry,
vanilla, melon, anggur serta rasa green tea. Keunggulan tersebut akan dimulai
setelah memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan
dan dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam
usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan
yang dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah, perumahan ataupun
dekat dengan jalan raya.
Oleh
karena itu saya tertarik untuk membuka usaha yaitu “Banana Cup Cakes” untuk dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai
camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para
konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi moment istimewa
yang mereka miliki.
BAB II
BUSINESS PLAN
A. Visi &
Misi
Visi
:
“Menjadikan “Banana Cup Cakes” sebagai usaha terkenal dengan berbagai rasa
dan bentuk yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
Misi :
1. Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
2. Berorientasi kepada kepuasan konsumen
3. Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4. Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas
usaha
5. Menambah wawasan tentang cara berwirausaha
tentang kue Cup Cakes
B. Identifikasi Usaha
Usaha yang
dijalankan ini diusulkan oleh:
Nama : Putri Inda
Rayani
Nama Usaha :
Banana Cup Cakes
Alamat : Pertamina KM 13,Jalan Garuda Nomor 16, Sangatta Selatan, Kutim
Alamat : Pertamina KM 13,Jalan Garuda Nomor 16, Sangatta Selatan, Kutim
No. telp. Usaha : 0852 5020 xxxx/0823 5490 xxxx
Email Usaha :
Putri_Indarayani@yahoo.co.id
C. Ruang
Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di jual di daerah Sangatta Selatan
tepatnya di km 13 namun seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar
karena kalangan manapun bisa menikmati produk cup cakes ini terutama bagi yang
suka pisang dan coklat.
D.
Tujuan
- Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
- Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
- Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari pisang ambon dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
- Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa Cup Cakes pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
Rencana Produk
Banana Cup Cakes ialah kue
kecil berbentuk cetakan mangkok yang dapat dijadikan sebagai camilan ringan
yang rasanya cukup lezat. Adapun bahan utama yang digunakan oleh Banana
Cup Cakes adalah pisang ambon.
B.
Produk/jasa
yang dihasilkan
Keistimewaan Banana Cup Cakes ini diantaranya :
- Hidangan lezat dan bergizi
- Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak-anak, remajamaupun orang tua.
- Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa.
BAB IV
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
A.
Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan ringan yang lezat dan
bergizi dan disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu :
- Banana Cup Cakes Original
- Banana Cup Cakes rasa Keju
- Banana Cakes rasa strawberry
- Banana Cup Cakes rasa coklat
- Banana Cup Cakes rasa vanilla
- Banana Cup Cakes rasa green tea
- Banana Cup Cakes rasa Blueberry
- Banana Cup Cakes rasa Anggur
Adalapun
ukuran cup cakes ini, ada 3 yaitu ukuran kecil dan medium.
B.
Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun
tahu dengan produk cup cakes ini. Dalam usaha ini
tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan dan juga
tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan
sikap tekun, & sabar.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A.
Bahan Baku dan penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Banana Cup Cakes :
Bahan Baku :
1. 1,5 kg Terigu
2. 10 butir Telur
3. Pondan secukupnya
4. Bahan Pewarna secukupnya
2. 10 butir Telur
3. Pondan secukupnya
4. Bahan Pewarna secukupnya
5.Lima sendok teh Baking Powder
6. Soda Kue secukupnya
7. 400 gram Margarine
8. 1000 ml Susu Cair
7. 400 gram Margarine
8. 1000 ml Susu Cair
9. 500 gram pisang ambon, di
haluskan
10. 175 gram Gula
11.Garam secukupnya
12. 250 gram gula palem
Bahan-bahan untuk topping :
1. 500
gram buttercream
2. 750 gram cokelat masak pekat, dilelehkan
2. 750 gram cokelat masak pekat, dilelehkan
B. Proses Produksi
Adapun cara pembuatan Banana
Cup Cakes adalah :
1. Pertama panaskan
susu cair serta susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan
apinya.
2. Setelah itu
tambahkan potongan dark coklat secukupnya dan pisang ambon yang sudah
dihaluskan tersebut dan aduk hingga larut merata.
3. Lalu
masukkan mentega serta sebagian gula pasir halus ke dalamnya.
4. Tambahkan
kuning telur yang telah dikocok hingga rata
5. Tuangkan
adonan tersebut ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonan
di sisihkan.
6.
Kemudian kocok putih telur hingga setengah mengembang. Lalu tambahkan sisa gula
halus tadi ke dalamnya sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
7. Masukkan
kocokan putih telur tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
8. Tuangkan
ke dalam cetakan muffin yang sudah diberi alas kertas.
9. Setelah
itu oven selama 25 menit dalam suhu 180 celcius hingga matang
10.Untuk toppingnya anda bisa memanaskan krim kental
lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk hingga larut merata.
11.Hiaslah bagian atas cupcake dengan
topping yang telah dibuat.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.
Analisis
Persaingan Usaha
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau
pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength
(kekuatan)
Kekuatan produk Banana Cup Cakes ini ialah :
Potensi lain yang
dimiliki oleh usaha Banana Cup Cakes ini yaitu penjualan Cup Cakes dari bahan dasar
buah pisang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk
menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan
higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha
cup cakes yang lainnya yaitu rasa yang bervariasi serta harga yang cukup
terjangkau
2. Weakness
(kelemahan)
Tidak dapat
tahan lama, produknya
mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka buah pisang dan coklat.
3. Oppurtinity
(peluang)
Tempat
strategis, ciri khas menu dan tampilan cupcake yang unik dan
dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat
yang konsumtif, di Sangatta Selatan khususnya di km 13 banyak belum ada yang
menjual cup cakes sehingga Banana Cup Cakes
mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4. Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan
dikenal konsumen terutama di Sangatta Utara, harga bahan baku yang
sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga cup cakes yang mungkin
dapat mengurangi pembeli.
B. Analisis
4P
1. Product
Brand : Banana Cup Cakes
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : Menggunakan
kertas
cup
2. Price
Untuk harga
awal, Banana Cup Cakes dijual langsung
kepada konsumen dengan harga Rp 5000 per pcs
3. Promotion
a. Personal Selling : Pemasaran awal produk kami
melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus
berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk melalui jaringan
internet melalui social media seperti facebook dan twitter.
c. Di lakukan
masa promosi selama 2 minggu pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 6 porsi
akan memberikan diskon 5% dari harga tersebut.
4. Place
Tempat yang
dipilih yaitu di Jl.garuda. Tepatnya di pinggir jalan raya dan dekat sekolah
karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).
C. Target
Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang
kita jadikan target yaitu wilayah Sangatta Selatan. Alasan memilih wilayah ini
karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan di daerah ini dan
juga belum ada yang menjual Cup Cakes di wilayah ini. Selain itu, juga akan
memperluas usaha ke wilayah-wilayah lain seperti Sangatta utara dan daerah
lainnya.
2. Demografi
Berdasarkan
demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, masyarakat dan
lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka toko kue Cup
Cakes untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
D. Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
Produk yang
kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau
dengan bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Produk ini bernama “Banana Cup
Cakes”.
2. Membangun jaringan
dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki
produk cup cakes berbahan baku seperti pisang ambon, terigu, telur, pandan, baking
powder, garam, gula pasir dan coklat. Oleh karena itu Banana cup cakes berniat
bekerja sama kepada mereka yang menyediakan produk cup cakes.
3. Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk Banana
Cup Cakes kali ini yang pertama yaitu cup cakes dengan pisang dan toping coklat
dan rasa serta bentuk yang dapat disesuaikan.
4. Meningkatkan kualitas
pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh
banana cup cakes.
5. Media pemasaran
Kami akan
mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook dan twitter
serta face to face
BAB VII
RENCANA
PERMODALAN
A.
Biaya
Awal
Biaya Variabel :
Keterangan : masing –masing jumlah x 4 minggu (1
bulan )
Biaya
Tetap :
B.
Harga
Per unit
Harga
jual 1 Cup Cakes Rp 5.000 untuk ukuran medium dan Rp 2.500 untuk ukuran small.
Target
penjualan Banana Cup Cakes per hari adalah 10 box. Dalam 1 (satu)
box terdiri dari 6 pcs untuk ukuran medium dan 12 pcs untuk ukuran small cup
cakes dengan total harga per box Rp 30.000
C. Modal Awal
Total Biaya Awal
= Rp 1.634.000 + Rp 11.254.324 = Rp 12.888.324
D. Analisis Keuntungan
Waktu berjualan
yaitu hari senin s/d minggu. Berikut
rinciannya :
-
Pendapatan Harian = Rp 5.000 x 6 pcs x
10 box = Rp 300.000
-
Pendapatan bulanan = Rp 300.000 x 30
hari = 9.000.000
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
-
Pendapatan yang akan dicapai = Rp 9.000.000
x 12 = Rp 108.000.000
-
Dan dengan biaya variabel = Rp 1.634.000 x 12 = Rp 19.608.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
Rp 108.000.000 – Rp 19.608.000 = Rp 88.392.000
E. Pengembalian Modal
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 12.888.324 : Rp 9.000.000 = 1,4 bulan (34 hari)
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
Rencana
Organisasi Banana Cup Cakes
terdiri dari pemilik dan satu pegawai yang melayani para konsumen.
BAB IX
RESIKO
Resiko
yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja
memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak
juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya
pembeli produk Banana Cup Cakes.
BAB X
PENUTUP
Usaha Banana Cup
Cakes ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang
memperoleh keuntungan yang tinggi karena wilayah yang menjadi sasaran penjualan
belum ada yang menjual cup cakes pisang. Namun wirausaha harus memiliki SWOT
yang kuat dalam menjalankan usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi
mengembangkan usahanya.
Boleh minta izin untuk coba resepnya? sepertinya menarik.
BalasHapusMakasih info nya
BalasHapusiya sama2, semoga bermanfaat :-)
BalasHapusMba boleh minta email format wordnya ga ya? Untuk tugas 🙏
HapusKa saya izin nge copas ya untuk tugas saya dan saya izin ganti nama Kaka menjad nama saya izin sekali lagi
Hapusmantap
BalasHapusizin copas ya mbk, buat tugas sekolah :) terimakasih
BalasHapusterimakasih :)
BalasHapusMbak, punya gak bisnis plan yang versi 7 bab nya?
BalasHapussangat bermanfaat, izin copy paste ya buat referensi saya. terima kasih
BalasHapussangat bermanfaat, izin copy paste ya buat referensi saya. terima kasih
BalasHapusTerima kasih sudah mau berbagi ilmu...
BalasHapusIzin ngopy ya...
Semoga Tuhan membalas dengan berkah yang melimpah..
Amin..
izin copy ya mbak:) buat tugas sekolah hehe
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusIzin copy buat tgs sekolah🙏🙏
BalasHapusIzin copy buat tgs sekolah🙏🙏
BalasHapusmaaf sebelumnya izin di copy ya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusizin copas buat tugas, terimakasih :)
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamualaikum
BalasHapusmba maaf sebelumnya. saya izin copy yaa
b aja
BalasHapusijin copy ya mbak.mksh
BalasHapusizin copas
BalasHapusMaaf sebelumnya kak, izin copas untuk melihat struktur business plan nya. terimakasi sebelumnya :)
BalasHapusAssalamualaikum
BalasHapusKak , itu yg biaya variabel fotonya ga terlihat ,tolong revisi donk kak ,soalnya blognya cocok untuk pemahaman nih
��
sangat bermanfaat, izin copy paste untuk tugas sekolah makasih^^
BalasHapusizin copas buat referensi menyusun bisnis plan sendiri
BalasHapusIzin copy ya untuk memenuhi tugas kuliah. Terimakasih🙏
BalasHapusBoleh minta email format ms.word nya ga ya? Untuk memenuhi tugas 🙏
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmantap ini tugas yang saya cari2 hehehe
BalasHapusizin copas ya untuk referensi tugas
BalasHapusIzin copy ya mbak untuk tugas 🙏
BalasHapusmbak saya ijin copy ya buat tugas
BalasHapusizin copy yah mba buat tugas sekolah mendadak :) thanks
BalasHapusIzin copas untuk referensi dan tugas sekolah yaa kak
BalasHapusizin copy untuk tugas
BalasHapusizin copas kak
BalasHapusizin copas beberapa part ya kak , timakasii kak
BalasHapusMba boleh minta foto biaya variabel nya? Soalnya di situ ga bisa kebuka
BalasHapusterima kasih kak sudah buat blog tentang business plan. Izin copas ya kak untuk tugas sekolah
BalasHapusizin copas ya mbak buat tugas proposal mks
BalasHapus