Sabtu, 07 Juni 2014

Business Plan Banana Cup Cakes


KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL BUSINESS PLAN
BANANA CUP CAKES


OLEH :
Putri Inda Rayani
NIM. 11 651 029

DOSEN PENGAMPU :
H. Mat Juri, S.E,. M.M

AKUNTANSI MANAJERIAL
POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
TAHUN 2014



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan sebaik-baiknya. Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen pada mata kuliah Kewirausahaan.
            Dalam proses penyusunan tugas ini pasti menjumpai hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Bapak Mat Juri, S.E,. M.M selaku Dosen Kewirausahaan Politeknik Negeri Samarinda.
Besar harapan saya, proposal ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang membacanya dan dapat membantu teman-teman yang lain dikemudian hari. Akhir kata, penulis memohon maaf apabila dalam penulisan proposal ini terdapat banyak kesalahan.

Samarinda, 12 Mei 2014 


Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Usaha
Bisnis makanan memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satunya adalah cup cakes  yaitu salah satu jenis makanan yang merupakan hasil olahan dari tepung  terigu.
     Rasanya yang enak dan variasi bentuknya yang lucu mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu pisang ambon dibuat dengan tepung terigu berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. Selain itu usaha cup cakes ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan adanya rasa yang bervariasi diantaranya yaitu ada rasa keju, blueberry, strawberry, vanilla, melon, anggur serta rasa green tea. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah, perumahan ataupun dekat dengan jalan raya.
      Oleh karena itu saya tertarik untuk membuka usaha yaitu “Banana Cup Cakes” untuk dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi moment istimewa yang mereka miliki.

BAB II
BUSINESS PLAN
A.  Visi & Misi
Visi :
“Menjadikan “Banana Cup Cakes” sebagai usaha terkenal dengan berbagai rasa dan bentuk yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
Misi :
1.  Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
2.  Berorientasi kepada kepuasan konsumen
3.  Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4.  Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5.  Menambah wawasan tentang cara berwirausaha tentang kue Cup Cakes 

B.  Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan ini diusulkan oleh:
Nama                               : Putri Inda Rayani
Nama Usaha                    : Banana Cup Cakes
Alamat                             : Pertamina KM 13,Jalan Garuda Nomor 16, Sangatta Selatan, Kutim
No. telp. Usaha                : 0852 5020 xxxx/0823 5490 xxxx
Email Usaha                     : Putri_Indarayani@yahoo.co.id

C. Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di jual di daerah Sangatta Selatan tepatnya di km 13 namun seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati produk cup cakes ini terutama bagi yang suka pisang dan coklat.

D. Tujuan
  1.  Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
  2. Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
  3. Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari pisang ambon dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
  4. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa Cup Cakes pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.


BAB III
ANALISIS USAHA
A.       Rencana Produk
Banana Cup Cakes ialah kue kecil berbentuk cetakan mangkok yang dapat dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat. Adapun bahan utama yang digunakan oleh Banana  Cup Cakes adalah pisang ambon.

B.        Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Banana Cup Cakes ini diantaranya :
  1. Hidangan lezat dan bergizi
  2. Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak-anak, remajamaupun orang tua.
  3. Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa.
   
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A.       Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan ringan yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu : 
  1. Banana Cup Cakes Original
  2. Banana Cup Cakes rasa Keju
  3. Banana Cakes rasa strawberry
  4. Banana Cup Cakes rasa coklat
  5. Banana Cup Cakes rasa vanilla 
  6. Banana Cup Cakes rasa green tea
  7. Banana Cup Cakes rasa Blueberry
  8. Banana Cup Cakes rasa Anggur
      Adalapun ukuran cup cakes ini, ada 3 yaitu ukuran kecil dan medium. 

B.       Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk cup cakes ini. Dalam  usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan sikap tekun, & sabar.

BAB V
RENCANA PRODUKSI

A.      Bahan Baku dan penggunaannya

Bahan-bahan untuk membuat Banana Cup Cakes :
Bahan Baku :
1. 1,5 kg Terigu
2. 10 butir Telur
3. Pondan secukupnya
4. Bahan Pewarna secukupnya
5.Lima sendok teh Baking Powder
6. Soda Kue secukupnya
7. 400 gram Margarine
8. 1000 ml Susu Cair
9. 500 gram pisang ambon, di haluskan
10. 175 gram Gula
11.Garam secukupnya
12. 250 gram gula palem
Bahan-bahan untuk topping :
1.    500 gram buttercream
2. 750 gram cokelat masak pekat, dilelehkan

B. Proses Produksi

Adapun cara pembuatan Banana Cup Cakes adalah :
1. Pertama panaskan susu cair serta susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan apinya.
2.  Setelah itu tambahkan potongan dark coklat secukupnya dan pisang ambon yang sudah dihaluskan tersebut dan aduk hingga larut merata.
3.  Lalu masukkan mentega serta sebagian gula pasir halus ke dalamnya.
4. Tambahkan kuning telur yang telah dikocok hingga rata
5. Tuangkan adonan tersebut ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonan di sisihkan.
6.  Kemudian kocok putih telur hingga setengah mengembang. Lalu tambahkan sisa gula halus tadi ke dalamnya sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
7. Masukkan kocokan putih telur tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
8.  Tuangkan ke dalam cetakan muffin yang sudah diberi alas kertas.
9. Setelah itu oven selama 25 menit dalam suhu 180 celcius hingga matang
10.Untuk toppingnya anda bisa memanaskan krim kental lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk hingga larut merata.
11.Hiaslah bagian atas cupcake dengan topping yang telah dibuat.


BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.       Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength (kekuatan)
Kekuatan  produk Banana Cup Cakes ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Banana Cup Cakes ini yaitu penjualan Cup Cakes dari bahan dasar buah pisang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha cup cakes yang lainnya yaitu  rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau
2.  Weakness (kelemahan)
Tidak dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka buah pisang dan coklat.
3.  Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan cupcake yang unik dan dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Sangatta Selatan khususnya di km 13 banyak belum ada yang menjual cup cakes sehingga Banana Cup Cakes mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4. Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen terutama di Sangatta Utara, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga cup cakes yang mungkin dapat mengurangi pembeli.

B. Analisis 4P
1. Product
Brand : Banana Cup Cakes
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : Menggunakan kertas cup
2. Price
Untuk harga awal, Banana Cup Cakes  dijual langsung kepada konsumen dengan   harga Rp 5000 per pcs
3. Promotion
a. Personal Selling : Pemasaran awal produk kami melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook dan twitter.
c. Di lakukan masa promosi selama 2 minggu pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 6 porsi akan memberikan diskon 5% dari harga tersebut.
4.  Place
Tempat yang dipilih yaitu di Jl.garuda. Tepatnya di pinggir jalan raya dan dekat sekolah karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).

C. Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Sangatta Selatan. Alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan di daerah ini dan juga belum ada yang menjual Cup Cakes di wilayah ini. Selain itu, juga akan memperluas usaha ke wilayah-wilayah lain seperti Sangatta utara dan daerah lainnya.
2.  Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, masyarakat dan lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka toko kue Cup Cakes untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.

D.  Strategi Pemasaran
      1.  Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Produk ini bernama “Banana Cup Cakes”.
      2.  Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk cup cakes berbahan baku seperti pisang ambon, terigu, telur, pandan, baking powder, garam, gula pasir dan coklat. Oleh karena itu Banana cup cakes berniat bekerja sama kepada mereka yang menyediakan produk cup cakes.
      3.  Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk Banana Cup Cakes kali ini yang pertama yaitu cup cakes dengan pisang dan toping coklat dan rasa serta bentuk yang dapat disesuaikan.
      4.  Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh banana cup cakes.
      5.  Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook dan twitter serta face to face




BAB VII

RENCANA PERMODALAN
A.      Biaya Awal
Biaya Variabel :

Keterangan : masing –masing jumlah x 4 minggu (1 bulan )
Biaya Tetap :

B.       Harga Per unit
Harga jual 1 Cup Cakes Rp 5.000 untuk ukuran medium dan Rp 2.500 untuk ukuran small.
Target penjualan Banana Cup Cakes per hari adalah 10 box. Dalam 1 (satu) box terdiri dari 6 pcs untuk ukuran medium dan 12 pcs untuk ukuran small cup cakes dengan total harga per box Rp 30.000

C.      Modal Awal
Total Biaya Awal
= Rp 1.634.000 + Rp 11.254.324 = Rp 12.888.324

D.      Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut  rinciannya :
-          Pendapatan Harian = Rp 5.000 x 6 pcs x 10 box = Rp 300.000
-          Pendapatan bulanan = Rp 300.000 x 30 hari = 9.000.000
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
-          Pendapatan yang akan dicapai  = Rp 9.000.000 x 12 = Rp 108.000.000
-          Dan dengan biaya variabel = Rp 1.634.000 x 12 = Rp 19.608.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
Rp 108.000.000 – Rp 19.608.000 = Rp 88.392.000

E.       Pengembalian Modal
Total modal awal : keuntungan per bulan = Rp 12.888.324 : Rp 9.000.000 = 1,4 bulan  (34 hari)

BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
Rencana Organisasi Banana Cup Cakes terdiri dari pemilik dan satu pegawai yang melayani para konsumen.

BAB IX
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Banana Cup Cakes.

BAB X
PENUTUP
       Usaha Banana Cup Cakes ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi karena wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual cup cakes pisang. Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya.

43 komentar:

  1. Boleh minta izin untuk coba resepnya? sepertinya menarik.

    BalasHapus
  2. iya sama2, semoga bermanfaat :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba boleh minta email format wordnya ga ya? Untuk tugas 🙏

      Hapus
    2. Ka saya izin nge copas ya untuk tugas saya dan saya izin ganti nama Kaka menjad nama saya izin sekali lagi

      Hapus
  3. izin copas ya mbk, buat tugas sekolah :) terimakasih

    BalasHapus
  4. Mbak, punya gak bisnis plan yang versi 7 bab nya?

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat, izin copy paste ya buat referensi saya. terima kasih

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat, izin copy paste ya buat referensi saya. terima kasih

    BalasHapus
  7. Terima kasih sudah mau berbagi ilmu...
    Izin ngopy ya...
    Semoga Tuhan membalas dengan berkah yang melimpah..
    Amin..

    BalasHapus
  8. izin copy ya mbak:) buat tugas sekolah hehe

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Izin copy buat tgs sekolah🙏🙏

    BalasHapus
  11. Izin copy buat tgs sekolah🙏🙏

    BalasHapus
  12. maaf sebelumnya izin di copy ya

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. izin copas buat tugas, terimakasih :)

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. assalamualaikum
    mba maaf sebelumnya. saya izin copy yaa

    BalasHapus
  17. Maaf sebelumnya kak, izin copas untuk melihat struktur business plan nya. terimakasi sebelumnya :)

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum
    Kak , itu yg biaya variabel fotonya ga terlihat ,tolong revisi donk kak ,soalnya blognya cocok untuk pemahaman nih
    ��

    BalasHapus
  19. sangat bermanfaat, izin copy paste untuk tugas sekolah makasih^^

    BalasHapus
  20. izin copas buat referensi menyusun bisnis plan sendiri

    BalasHapus
  21. Izin copy ya untuk memenuhi tugas kuliah. Terimakasih🙏

    BalasHapus
  22. Boleh minta email format ms.word nya ga ya? Untuk memenuhi tugas 🙏

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. mantap ini tugas yang saya cari2 hehehe

    BalasHapus
  25. izin copas ya untuk referensi tugas

    BalasHapus
  26. Izin copy ya mbak untuk tugas 🙏

    BalasHapus
  27. izin copy yah mba buat tugas sekolah mendadak :) thanks

    BalasHapus
  28. Izin copas untuk referensi dan tugas sekolah yaa kak

    BalasHapus
  29. izin copas beberapa part ya kak , timakasii kak

    BalasHapus
  30. Mba boleh minta foto biaya variabel nya? Soalnya di situ ga bisa kebuka

    BalasHapus
  31. terima kasih kak sudah buat blog tentang business plan. Izin copas ya kak untuk tugas sekolah

    BalasHapus
  32. izin copas ya mbak buat tugas proposal mks

    BalasHapus